Selasa, 23 Oktober 2012

metode riset: Latar Belakang Masalah


Nama : Tertiera Nurariefani Azizah
Kelas : 3EA18
NPM : 19210435


LATAR BELAKANG MASALAH

Loyalitas konsumen selalu menjadi topik yang tidak habis untuk dieksplorasi. Loyalitas konsumen telah dihubungkan dengan banyak sekali variabel lainnya. Dilihat dari factor – factor yang mempengaruhi, ragam variable, maupun sisi psikologis pencarian variasi dari konsumen terkait. Loyalitas Konsumen berhubungan dengan kepuasan konsumen. Setiap perusahaan sangat mengharapkan memiliki konsumen / pelanggan yang loyal terhadap produk atau jasa yang ditawarkan . Untuk itu, menarik bagi saya menggarap masalah tentang loyalitas konsumen yang dilihat dari berbagai aspek dan variable penting lainnya.
Griffin (2003 ; 223) mengemukakan keuntungan-keuntungan yang akan diperoleh perusahaan apabila memiliki pelanggan yang loyal antara lain: (1) Mengurangi biaya pemasaran (karena biay\a untuk menarik pelangan baru lebih mahal). (2) Mengurangi biaya transaksi (seperti biaya negosiasi kontrak, pemrosesan pesanan, dll). (3) Mengurangi biaya turn over pelanggan (karena pergantian pelanggan yang lebih sedikit). (4) Meningkatkan penjualan silang yang akan memperbesar pangsa pasar perusahaan. (5) Word of mouth yang lebih positif dengan asumsi bahwa pelanggan yang loyal juga berarti mereka yang merasa puas. (6) Mengurangi biaya kegagalan (seperti biaya pergantian, dll).
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apa saja factor penentu dan variable-variabel dari loyalitas konsumen. Dari latar belakang tersebut maka peneliti merasa tertarik untuk mengadakan penelitian tentang “analisa loyalitas konsumen”.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar