Selasa, 03 Desember 2013

Permainan Otak



Langsing dengan Otak
Oleh: Tertiera Nurariefani Azizah

Otak memegang peran terpenting dalam tubuh mahluk hidup. Otaklah yang memberikan perintah berupa stimulus terhadap sinkronisasi pergerakan tubuh maupun emosi yang dihasilkan manusia.
Organ yang mengandung ratusan juta sel saraf ini tercipta dengan milyaran kecanggihannya. Di zaman globalisasi seperti sekarang, otak manusia telah mampu menciptakan berbagai tekhnologi canggih yang memanjakan pemakainya. Sayangnya, hanya sang “pencipta” tekhnologi lah yang berhasil memanfaatkan dengan maksimal fungsi otak yang dimiliki. Sedangkan pemakai berperan sebagai penikmat output yang dihasilkan oleh otak si “pencipta” tekhnologi tersebut.
Suatu studi menjelaskan bahwa otak manusia membutuhkan 10 kalori per menit, dalam kondisi normal. Bandingkan dengan energi yang digunakan oleh otot misalnya dengan berjalan kaki yang hanya membakar 4 kalori per menit. Itu sebabnya mengapa segelintir orang mengeluhkan perutnya lapar setelah belajar, setelah berpikir keras, maupun usai mengerjakan pekerjaan yang menggunakan pikiran sebagai peran utamanya.
Banyak permainan yang bertujuan untuk mengasah atau sekedar mengolahragakan otak. Salah satunya, Sudoku. Sudoku yang juga dikenal dengan nama Number Place merupakan permainan teka-teki logika. Menurut para peneliti, bermain Sudoku selama satu jam dapat membakar hingga 90 kalori. Selain Sudoku, puzzle, catur, serta permainan otak lainnya merupakan alternatif yang mampu membakar kalori dengan cara yang menyenangkan. Semakin seseorang berpikir keras, semakin banyak energi yang terbuang, yang artinya semakin banyak pula kalori yang terbakar.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar