Segmentasi Pasar
Segmen
pasar adalah bagian dari pasar yang lebih besar, yang kebutuhannya sedikit
berbeda dibanding pasar yang lebih besar. Karena segmen pasar mempunyai
kebutuhan yang unik, perusahaan yang mengkhususkan produk untuk segmen ini
semata, akan lebih dapat memenuhi keinginan konsumen dibanding perusahaan yang
meproduksi barang untuk segmen yang luas. Agar dapat terus berjalan segmen
pasar khusus harus luas agar tetap dapat memberikan keuntungan.
Segmentasi
pasar meliputi 4 langkah meliputi:
1.
Mengidentifikasi kebutuhan yang berhubungan dengan produk
2.
Mengelompokkan konsumen dengan kebutuhan yang sama
3.
Menggambarkan / menjelaskan setiap kelompok
4.
Menyeleksi segmen-segmen yang menarik untuk dilayani
Mengidentifikasi kebutuhan yang
berhubungan dengan produk
Mengidentifikasi
variasi kebutuhan yang mungkin akan diminati oleh pasar meliputi riset terhadap
konsumen, mengkaji kecenderungan dari suatu kelompok dan wawancara mendalam.
Kebutuhan identifikasi ini berhubungan dengan variabel lain seperti umur, taraf
kehidupan rumah tangga, jenis kelamin, kelas sosial, kelompok etnis, atau gaya
hidup, dan banyak perusahaan memulai proses segmentasi dengan berfokus pada
salah satu atau beberapa variabel tersebut.
Mengelompokkan konsumen dengan
kebutuhan yang sama
Pengelompokkan
konsumen dapat dijadikan sebagai acuan bahwa ada pasar yang akan merespon
produk yang akan dilempar ke masayarakat.
Menggambarkan / menjelaskan setiap
kelompok
Ketika
sudah melakukan pengelompokkan konsumenm perlu dikaji secara detail bagaimana
keadaan secara demogrfis, gaya hidup, dan bagaimana cara mereka dalam
berkomunikasi. Sebagai upaya untuk merancang program pemasaran yang efektif,
penting kiranya untuk memahami konsumen secara penuh.
Menyeleksi segmen-segmen yang menarik
untuk dilayani
Langkah
selanjutnya setelah kita memastikan paham dengan setiap segmen adalah
menentukan target pasar, segmen dari pasar yang besar dimana kita akan
memfokuskan diri dalam upaya melakukan pemasaran.
Strategi Pemasaran
Tidaklah
mungkin untuk menyeleksi target pasar tanpa merumuskan secara simultan strategi
pemasaran di setiap segmen. Standar yang jelas dalam memilih target pasar
adalah kemampuan untuk memberikan nilai yang lebih kepada segemen pasar. Karena
nilai konsumen dihasilkan dari strategi pemasaran, perusahaan mampu untuk
membangun strategi pemasaran mereka untuk mengevaluasi target pasar yang
potensial.
Strategi pemasaran mampu menjawab , bagaimana kita akan memberikan nilai lebih untuk target pasar kita? Jawaban dari pernyataan ini dibutuhkan perumusan dari marketing mix dalam hal ini meliputi produk, harga, komunikasi (promosi), distribusi, dan servis.
Strategi pemasaran mampu menjawab , bagaimana kita akan memberikan nilai lebih untuk target pasar kita? Jawaban dari pernyataan ini dibutuhkan perumusan dari marketing mix dalam hal ini meliputi produk, harga, komunikasi (promosi), distribusi, dan servis.
Produk
Segala sesuatu yang diusahakan atau sedang diusahakan oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya, pada umumnya konsumen membeli produk yang memeberikan mereka kepuasan dari pada membeli produk karena penampakan luarnya.
Segala sesuatu yang diusahakan atau sedang diusahakan oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya, pada umumnya konsumen membeli produk yang memeberikan mereka kepuasan dari pada membeli produk karena penampakan luarnya.
Komunikasi
Komunikasi dalam pemasaran atau promosi meliputi iklan, sales force, public relation, pengemasan dan tanda lain yang mampu mempromosikan perusahaan atau produk tersebut.
Komunikasi dalam pemasaran atau promosi meliputi iklan, sales force, public relation, pengemasan dan tanda lain yang mampu mempromosikan perusahaan atau produk tersebut.
Agar
strategi promosi yang dibuat efektif, sebaiknya mampu menjawab pertanyaan
sebagai berikut :
1.
Kepada siapa kita akan berpromosi?
2.
Efek apa yang kita inginkan dari promosi yang kita berikan?
3.
Apakah pesan yang disampaikan dalam promosi akan meningkatkan keinginan pada
audiens?
4.
Metode apa dan apakah media yang diperlukan untuk meningkatkan target audiens?
5.
Kapankah kita harus berpromosi dengan target audiens?
Harga
Harga
adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan untuk mendapatkan hak menggunakan
barang. Terkadang besar kecilnya harga merepresentasikan kualitas dari suatu
barang.
Distribusi
Menjamin
ketersediaan produk dimana konsumen dapat membelinya, bagaimana dan dimana
konsumen lebih suka membelinya, adalah tujuan dari pemilihan jalur distribusi.
Keputusan yang keliru dalam pemilihan jalur dapat menyebabkan terhambatnya
pasokan atau menyebabkan kebingungan konsumen ketika akan membli barang. Hal
ini dapat menyebabkan konsumen mencari alternatif barang lain yang lebih mudah
didapat.
Servis
Dalam
pembahasan ini servis diartikan sebagai kegiatan yang mampu meningkatkan
performansi dari produk atau jasa tersebut. Servis yang diberikan sepatutnya
dapat memberikan nilai lebih pada konsumen, contohnya ketika kita membeli suatu
barang elektronik, maka sebagai servisnya kita akan mendapatkan jasa antar
barang, atau misalkan kita membeli sebuah sepeda motor, kita akan mendapatkan
servis gratis selama beberapa kali.
Proses Pengambilan Keputusan Konsumen
Proses
keputusan konsumen dipengaruhi oleh strategi pemasaran dan hasil yang diperoleh
konsumen. Hasil dari strategi pemasaran ditentukan oleh proses pengambilan
keputusan konsumen. Perusahaan akan berhasil jika, prosesnya adalah sebagai
berikut; konsumen mengenali kebutuhan kemudian mengetahui keberadaan suatu
produk dan kemampuannya, memutuskan bahwa produk ini solusi tepat, membelinya
dan mendapatkan kepuasan dari produk yang dibelinya.
Referensi
:
Tidak ada komentar :
Posting Komentar