Nama : Tertiera Nurariefani Azizah
Kelas : 3EA18
NPM : 19210435
LATAR BELAKANG MASALAH
Loyalitas konsumen selalu menjadi topik yang tidak habis
untuk dieksplorasi. Loyalitas konsumen telah dihubungkan dengan banyak sekali
variabel lainnya. Dilihat dari factor – factor yang mempengaruhi, ragam
variable, maupun sisi psikologis pencarian variasi dari konsumen terkait. Loyalitas
Konsumen berhubungan dengan kepuasan konsumen. Setiap perusahaan sangat
mengharapkan memiliki konsumen / pelanggan yang loyal terhadap produk atau jasa
yang ditawarkan . Untuk itu, menarik bagi saya menggarap masalah tentang
loyalitas konsumen yang dilihat dari berbagai aspek dan variable penting
lainnya.
Griffin (2003 ; 223) mengemukakan
keuntungan-keuntungan yang akan diperoleh perusahaan apabila memiliki pelanggan
yang loyal antara lain: (1) Mengurangi biaya pemasaran (karena biay\a untuk
menarik pelangan baru lebih mahal). (2) Mengurangi biaya transaksi (seperti
biaya negosiasi kontrak, pemrosesan pesanan, dll). (3) Mengurangi biaya turn
over pelanggan (karena pergantian pelanggan yang lebih sedikit). (4) Meningkatkan
penjualan silang yang akan memperbesar pangsa pasar perusahaan. (5) Word of
mouth yang lebih positif dengan asumsi bahwa pelanggan yang loyal juga berarti
mereka yang merasa puas. (6) Mengurangi biaya kegagalan (seperti biaya
pergantian, dll).
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apa saja factor
penentu dan variable-variabel dari loyalitas konsumen. Dari latar belakang
tersebut maka peneliti merasa tertarik untuk mengadakan penelitian tentang “analisa
loyalitas konsumen”.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar