Nama : Tertiera Nurariefani Azizah
Kelas : 3EA18
NPM : 19210435
LOYALITAS
KONSUMEN
When a customer is loyal, he or she
exhibits purchase behavior defined as non-random purchase expressed over time
by some decision-making unit. Griffin (2003 ; 113)
Pentingnya untuk meningkatkan first-time customer menjadi
lifetime buyer adalah: (1) Penjualan akan meningkat karena konsumen akan
membeli lebih dari Anda. (2) Akan menguatkan posisi Anda di pasar jika konsumen
membeli dari Anda dan bukan dari kompetitor. (3) Biaya pemasaran akan turun
karena Anda tidak harus menggunakan uang lebih banyak untuk menarik konsumen
karena Anda telah mengenalnya. Demikian juga konsumen yang puas akan
menceritakan ke temannya sehingga akan mengurangi biaya iklan. (4) Anda akan
dapat mengisolasi dari kompetensi harga karena konsumen yang loyal tidak gampang
terpengaruh oleh discount dari pesaing. (5) Akhirnya konsumen yang puas akan
senang untuk mencoba produk anda yang lainnya, sehingga membantu Anda untuk
memperoleh pangsa pasar yang lebih luas.
Indikator dari loyalitas pelanggan menurut Kotler & Keller
(2006 ; 57) adalah Repeat Purchase (kesetiaan terhadap pembelian produk);
Retention (Ketahanan terhadap pengaruh yang negatif mengenai perusahaan);
referalls (mereferensikan secara total esistensi perusahaan).
Tidak ada komentar :
Posting Komentar